والإسم منه معرب ومبني # لشبه من الحروف مدني
Sebagian isim ada yang mu'rab dan ada pula yang mabni karena kemiripannya yang dekat dengan huruf.
كالشبه الوضعي فى اسمي جىﺀتنا # والمعنوي في متى وفي هنا
Seperti keserupaan bentuk dalam kedua isim yang terdapat pada lafaz 'ji-tana dan keserupaan makna dalam lafaz 'mataa' dan lafaz 'hunaa'.
وكنيابة عن الفعل بلا # تأثر وكافتقار أصلا
Dan karena menggantikan kedudukan fi'il tanpa terpengaruh, serta karena membutuhkan yang lain.
ومعرب الأسماﺀ ما قد سلما # من شبه الحرف كأرض وسما
Isim mu'rab ialah lafaz yang terbebas dari keserupaan dengan huruf, seperti lafaz 'ardhin' dan lafaz 'sumaa'.
وفعل أمر ومضي بنيا # وأعربوا مضارعا إن عريا
Fi'il amar dan fi'il madhi dimabnikan, dan mereka mengi'rabkan fi'il mudhari' apabila terbebas
من نون توكيد مباشر ومن # نون إناث كيرعن من فتن
dari nun taukid yang bertemu langsung dan dari nun inats, seperti lafaz 'Yaru'na man futin'.
وكل حرف مستحق للبنا # والأصل في المبني أن يسكنا
Semua huruf berhak dimabnikan. Bentuk asal mabni adalah sukun.
ومنه ذو فتح وذو كسر وضم # كأين أمس حيث والساكن كم
Dan diantara mabni itu, ada yang fathah, kasrah dan ada pula yang dhamah, seperti lafaz 'aina','amsi','haitsu' dan 'kam' mabni sukun.
والرفع والنصب اجعلن إعرابا # لاسم وفعل نحو لن أهابا
Jadikanlah rafa dan nashab sebagai alamat i'rab bagi isim dan fi'il, seperti pada lafaz 'Lan ahaaba'.
والإسم قد خصص بالجر كما # قد خصص الفعل بأن ينجزما
Alamat jar khusus bagi isim, sebagaimana jazm khusus bagi fi'il.
فارفع بضم وانصبن فتحا وجر # كسرا كذكر الله عبده يسر
Rafakanlah dengan harkat dhamah, nashabkanlah dengan harkat fathah dan jarkanlah dengan harkat kasrah, seperti lafaz 'Dzikrullaahi 'abdahuu yasur'.
واجزم بتسكين وغير ما ذكر # ينوب نحو جا أخو بني نمر
Jazmkanlah dengan sukun. Dan bagi selain yang telah disebutkan, ada penggantinya, seperti lafaz 'Jaa akhuu banii Namir'.
وارفع بواو وانصبن بالألف # واجرر بياﺀ ما من الأسما أصف
Rafakanlah dengan wawu, nashabkanlah dengan alif dan jarkanlah dengan ya isim-isim yang akan disebutkan.
من ذاك ذو إن صحبة أبانا # والفم حيث الميم منه بانا
Diantaranya adalah lafaz 'dzuu', bila mengandung makna memiliki, lafaz 'famu', bila mimnya ditiadakan.
أب اخ حم كذاك وهن # والنقص في هذا الأخير أحسن
'Abun', 'akhun', 'hamun' demikian pula 'hanu'. Untuk lafaz yang terakhir naqsh adalah lebih baik,
وفي أب وتالييه يندر # وقصرها من نقصهن أشهر
dan dalam lafaz 'abin' serta kedua lafaz berikutnya, jarang naqsh, dan qashrnya lebih masyhur daripada naqshnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar